Selasa, 25 September 2007

Jawaban MID Semester I Kelas XI TA 2007/2008

  1. E
  2. A
  3. A
  4. C
  5. D
  6. D
  7. B
  8. B
  9. E
  10. B
  11. C
  12. A
  13. C
  14. C
  15. B
  16. E
  17. D
  18. E
  19. C
  20. A
  21. D
  22. B
  23. B
  24. C
  25. B
  26. A
  27. B
  28. C
  29. E
  30. B
  31. C
  32. B
  33. A
  34. A
  35. C
  36. B
  37. D
  38. C
  39. B
  40. D
Jawaban Essay:

1. Macam-macam jaringan antara lain:

a. Jenis Jaringan Komputer Berdasarkan Teknologi Transmisi

· Jaringan Broadcast

Jaringan ini menggunakan saluran komunikasi tunggal yang digunakan semua komputer atau mesin yang terhubung pada jaringan ini secara bersama-sama. Data yang berukuran kecil dalam paket dikirimkan oleh satu mesin dan akan diterima oleh mesin-mesin lainnya yang terhubung dalam jaringan. Mesin yang menerima paket tersebut akan mengecek alamat tujuan paket. Bila paket tersebut ditujukan kepada mesin yang menerima, maka paket akan diproses, tetapi bila ditujukan kepada alamat mesin lain, maka mesin akan mengabaikan paket tersebut.

· Jaringan Point-to-Point

Jaringan in terdiri atas beberapa komputer atau mesin yang seringkali harus memiliki banyak rute karena jaraknya berbeda. Dalam mengirimkan paket dari satu mesin sumber ke suatu tujuan, paket jenis jaringan ini harus melalui mesin perantaranya yang bisa melalui banyak rute

b. Jenis Jaringan Komputer Berdasarkan Jarak

· Local Area Network (LAN)

Jaringan ini disebut sebagai jaringan area lokal, yaitu jaringan yang terbatas untuk area kecil, seperti pada lingkungan perkantoran di sebuah gedung, sekolah atau kampus. Dalam jaringan LAN, terdaapt satu komputer yang biasanya dijadikan file server. Fungsinya adalah unnntuk memberikan layanan perangkat lunak (software), mengatur aktivitas jaringan dan menyimpan file. Selain adanya komputer server, ada pula komputer lain yang terhubung dalam jaringan (network) yang disebut dengan workstation (Client). Pada umumnya teknologi LAN menggunakan media kabel untuk menghubungkan komputer-komputer yang digunakan.


· Metropolitan Area Network (MAN)

Jaringan ini mempunyai area jaringan lebih luas dari LAN. Jaringan ini disebut sebagai Jaringan Area Metropolitan yang menjangkau antarwilayah dalam satu propinsi. Jaringan MAN menghubungkan jaringan-jaringan kecil yang ada, seperti LAN yang menuju pada lingkungan area yang lebih besar. Contoh beberapa Bank yang memiliki jaringan komputer di setiap cabangnya agar dapat berhubungan satu sama lain sehingga setiap nasabahnya dapat melakukan transaksi menyimpan, mengambil uang atau transaksi di cabang manapun dalam propinsi yang sama.

· Wide Area Network (WAN)

Jaringan ini mencakup geografis dengan luas area ang mampu menjangkau batas propinsi bahkan sampai negara yang ada dibelahan lain bumi. Jaringan WAN dapat menghubungkan satu komputer dengan komputer lainnya dengan menggunakan satelit atau kabel bawah laut. Komunikasi dan transmisi dilakukan dengan menggunakan perangakat mesin atau komputer yang disebut Host.

2. Perbedaaan antara jaringan LAN, MAN, WAN dan internet yaitu:

· LAN, jaringan ini merupakan jaringan area lokal, yakni jaringan yang terbatas untuk area kecil, seperti pada lingkungan perkantoran di sebuah gedung, sekolah atau kampus

· MAN, Jaringan ini mempunyai area jaringan lebih luas dari LAN. Jaringan ini disebut juga sebagai Jaringan Area Metropolitan yang menjangkau antarwilayah dalam satu propinsi

· WAN, Jaringan ini mencakup geografis dengan luas area yang mampu menjangkau batas propinsi bahkan sampai negara yang ada dibelahan lain bumi.

· Internet, adalah singkatan dari Interconnected Network yang merupakan sebuah sistem komunikasi yang mampu menghubungkan jaringan-jaringan komputer di seluruh duinia

3. Lapisan OSI antara lain yaitu:

a. Lapisan fisik

Berupa kabel listrik beserta rumusan besaran elektrik lainya

b. Lapisan link data

Berupa lapisan yang mengatur arus bit antar peralatan komunikasi

c. Lapisan jaringan

Berupa lapisan yang membawa paket bit ke tujuan

d. Lapisan transport

Menjamin transportasi data antar mesin komputer tampa mempermasalahkan jenis jaringan. Data yang diatur meliputi metode akses sebuah jaringan topologi fisik, tipe kabel, dan kecepatan transfer data.

e. Lapisan sesi

Menangani persiapan, pengelolaan, dan pemutusan antar aplikasi.

f. Lapisan presentasi

Menangani pengubahan representasi data

g. Lapisan aplikasi

Menangani pengaksesan pemakai.

4. Alat-alat yang digunakan untuk pemasangan jaringan komputer adalah:

· UPS (Uninterruptible Power Supply) : bila perlu

· HUB/Concentrator

· Kabel UTP (Unshielded Twisted Pair)

· Connector Rj 45

· Crimp Tool/Tang UTP

· Printer, Modem, Line Telepon (bila perlu)

· Lan Card

· Network tested cable

5. Urutan pemasangan kabel UTP “Straight Cable” dan “Crossover Cable” adalah sbb:

Teknik pemasangan kabel tersebut ada 2 cara, yaitu:

  1. Straight Cable

Digunakan untuk menghubungkan workstation komputer dengan HUB. Pemasangan kabel pada konektor RJ-45 dengan menghubungkan ujung masing-masing konektor dengan warna yang sama, yaitu sebagai berikut:

Putih Orange Putih Orange

Orange Orange

Putih Hijau Putih Hijau

Biru Biru

Putih Biru Putih Biru

Hijau Hijau

Putih Coklat Putih Coklat

Coklat Coklat

  1. Crossover Cable

Untuk menghubungkan antar Client atau komputer antar komputer satu dengan komputer lainya tanpa menggunakan HUB atau menghubungkan antar HUB. Pemasangan kabel ini pada RJ-45 menggunakan pin 1, 2, 3 dan 6 yang dipasang secara silang sebagai berikut:

Putih Orange Putih Hijau

Orange Hijau

Putih Hijau Putih Orange

Biru Biru

Putih Biru Putih Biru

Hijau Orange

Putih Coklat Putih Coklat

Coklat Coklat

Tidak ada komentar: